Pondok Pesantren Al-Fattah berdiri di atas tanah seluas ± 2 ha, merupakan yayasan pendidikan kurikulum terpadu berbasis salafi yang didirikan pada tanggal 03 Mei 1986 dan diresmikan pada tanggal 19 desember 1990. Pada saat itu, KH.Zainuddin Usman sang pendiri Pondok Pesantren Al-Fattah hanya membina santri khusus untuk menghafal al-qur’an. Dan pada tahun 1988 barulah Pondok Pesantren Al-Fattah memiliki badan-badan resmi salah satunya Tahfidzul Qur’an (TQ).

Kemudian pada tahun 1988 juga, KH.Zainuddin Usman mulai mendirikan Madrasah Diniyah (MD) yang bertujuan sebagai wadah baru bagi santri dalam mengkaji ilmu kitab-kitab salafi. Dan berjalannya waktu, karena pada saat itu jumlah santri yang berdatangan terus mengalami kenaikan, maka pada tahun 1991 mulailah didirikannya lembaga pendidikan formal berupa MTs dan MA Nurul Fattah.

Pada tahun 1998, KH. Zainuddin Usman mendirikan Kantor Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dan pada saat itu KBIH Al-Fattah yang saat ini berubah nama menjadi KBIH Al-Utsmani merupakan kantor bimbingan ibadah haji pertama di kabupaten tanggamus.

Alhamdulillah sampai saat ini, Yayasan Pondok Pesantren Al-Fattah masih mempertahankan dan terus mengembangkan badan-badan yang dikelolanya diantaranya adalah:

  1. Tahfidzul Qur’an (TQ)
  2. Madrasah Diniyah (MD)
  3. Mts. Nurul Fattah
  4. MA. Nurul Fattah
  5. KBIH Al-Utsmani
  6. Kader Muslim Cilik Al-Fattah (KMCA)
  7. Paket B dan C

One Reply to “Sejarah Pondok Pesantren Al-Fattah Tanggamus”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *